Comscore Tracker
FINANCE

4 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP

Ini cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan

4 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTPBPJS Ketenagakerjaan. (Shutterstock/Sukarman S.T)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP perlu Anda ketahui. Sebab cara ini terbilang praktis dan mudah apabila Anda sewaktu-waktu memerlukannya.

Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau yang kemudian dikenal dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah urutan nomor yang wajib Anda simpan. Sebab, nomor BPJS Ketenagakerjaan akan sangat diperlukan ketika ingin mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan BPJS.

Contohnya, ketika ingin mengajukan pencairan uang JHT atau Jaminan Hari Tua, maka Anda perlu mengisi nomor BPJS Ketenagakerjaan di formulir pengajuan. Namun, bagaimana jika nomor BPJS sudah terlanjur hilang dan kartu BPJS-nya pun hilang? 

Tak perlu khawatir, Anda masih bisa mengecek nomor BPJS melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan NIK di KTP.

Inilah 4 cara cek BPJ Ketenagakerjaan dengan NIK yang harus diketahui

1.Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui Call Center BPJS


Anda bisa mengecek melalui call center BPJS Ketenagakerjaan. Caranya cukup melakukan panggilan telepon ke nomor 175.

Selanjutnya, Anda akan terhubung dengan call center dari BPJS. Jangan lupa bahwa panggilan ini dikenakan tarif telepon. Untuk melakukan panggilan ke call center BPJS Anda juga memerlukan pulsa.

2. Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui media sosial BPJS


Alternatif kedua, cara cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK adalah dengan menghubungi kontak layanan BPJS melalui media sosial resminya. Untuk mengetahui apa saja media sosial resmi milik BPJS, Anda bisa mengunjungi laman resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.

Kontak layanan BPJS juga tersedia melalui WhatsApp, yaitu di nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Namun, layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui WA hanya terbatas untuk Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri saja.

3. Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS Gateway


SMS Gateway adalah layanan informasi dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat menggunakan sistem informasi. Layanan SMS Gateway diakses melalui nomor jaringan seluler nomor 08777-5500-400. 

SMS Gateway menyediakan layanan informasi bagi peserta melalui kanal komunikasi yang mudah dan ramah bagi pengguna. Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK via SMS Gateway, yakni dengan mengetik NIK spasi Nomor Induk Kependudukan. Sebagai contoh "NIK 357303030987" lalu kirim sebagai SMS ke nomor 087775500400.

4. Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan melalui kantor cabang BPJS


Cara ini bisa dilakukan apabila Anda memiliki cukup waktu untuk mendatangi langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar di daerah sekitar.

Anda bisa langsung mengecek nomor BPJS melalui kantor BPJS di sekitar tempat tinggal dengan membawa Kartu Keluarga, e-KTP, dan surat paklaring (bukti bahwa sedang atau pernah bekerja di suatu perusahaan) jika diperlukan. Sampaikan maksud dan tujuan Anda ke petugas setempat.

Demikian beberapa cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang dirangkum Fortune Indonesia. Setelah mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa memeriksa status aktif atau tidaknya keanggotaan melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) yang disediakan oleh BP Jamsostek dan terintegrasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Related Articles