Comscore Tracker
FINANCE

Dukung Pemulihan, LPS Siap Turunkan Suku Bunga

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) ada di level 3,5%.

Dukung Pemulihan, LPS Siap Turunkan Suku Bungasource_name

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE -  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melihat masih ada ruang untuk kembali menurunkan tingkat bunga penjaminan mengingat saat ini masih di level 4 persen. Sementara itu, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) ada di level 3,5 persen. 

“Kami melihat LPS masih punya ruang turunkan bunga penjaminan. Kalau keadaan memungkinkan, akan kami turunkan ke level yang lebih siap mendukung pertumbuhan ekonomi," Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam konferensi pers KSSK, Jumat (6/8).

Penurunan suku bunga penjaminan, kata Yudhi, diharapkan dapat ikut menurunkan suku bunga simpanan. Dengan demikian, nasabah menjadi kurang tertarik untuk menyimpan uang di bank dan memilih membelanjakannya. Ia menyebut, kebijakan ini akan mendorong konsumsi dan pertumbuhan ekonomi.

“Kalau bunga deposito bisa ke bawah lagi, dana jumbo saldo di atas Rp 5 miliar itu bisa disalurkan. Artinya orang-orang kaya yang enggan belanja," kata Yudhi.

Saat kelompok menengah-atas menambah konsumsi, menurut Yudhi, maka dampaknya akan dirasakan pula oleh masyarakat dengan kemampuan ekonomi di bawahnya. Hal ini membuat ekonomi bergulir lebih cepat dan mendorong pertumbuhan.

Pada Mei 2021, LPS kembali menurunkan bunga penjaminan sebesar 25 basis poin, baik pada bank umum maupun Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Kebijakan tersebut mempertimbangkan arah suku bunga pasar yang menurun, likuiditas perbankan yang longgar, dinamika risiko di pasar keuangan yang relatif terkendali, serta masih diperlukannya upaya penurunan biaya dana dalam rangka mendorong penurunan suku bunga kredit. 

Dari sisi penjaminan simpanan, per Juni 2021 jumlah rekening nasabah yang dijamin seluruh simpanannya sebanyak 99,92 persen dari total rekening atau setara dengan 360.964.146 rekening.  

Related Articles