Comscore Tracker
FINANCE

Ini Cara Belanja di Platform TikTok

Belanja di TikTok bisa melalui unggahan produk dan siaran.

Ini Cara Belanja di Platform TikTokilustrasi TikTok (pexels.com/Cottonbro)

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Platfrom belanja online kini semakin beragam mengikuti tren dan keinginan konsumen. Bahkan, platform pembagi video dan siaran langsung seperti Tiktok kini menyediakan layanan belanja online melalui fitur TikTok Shop.

Dengan fitur tersebut, kita bisa berbelanja kebutuhan yang kita inginkan sambil menonton sebuah video. Berbelanja di TikTok Shop dilakukan melalui dua skema yaitu belanja lewat unggahan produk atau siaran langsung. Inilah tata cara belanja di TikTok Shop.


 

Belanja melalui unggahan produk

belanja melalui ecommerce

Cara belanja di TikTok Shop melalui unggahan produk bisa dilakukan dengan masuk ke halaman discover di aplikasi TikTok. Setelah itu, cari dan pilih toko yang dituju dan klik toko tersebut untuk melihat profil toko. Pilih menu “Shop” atau ikon keranjang kuning.

Berikutnya, cari dan buka produk yang akan Anda beli. Klik opsi “buy now” untuk membeli tanpa kupon. Pilih varian dan tentukan jumlah barang yang akan dibeli dan pilih opsi “buy now”. Kemudian pilih “Shipping address”.

Isikan alamat penerima denga benar lalu klik “Save”. Pilih metode pembayaran untuk memilih opsi pembayaran melalui sejumlah bank atau uang elektronik dan klik “continue”. Tambahkan pesan pada bagian “message” bila ingin menyampaikan catatan ke penjual. Selanjutnya klik “Place order” dan selesaikan pembayaran. Jika pembayaran berhasil, maka pesanan akan segera diproses dan dikirim ke alamat penerima.

Belanja saat siaran langsung

Aplikasi TikTok.

Selain cara tersebut, kita juga bisa membeli sebuah barang saat toko melakukan siaran langsung. Pertama, buka aplikasi TikTok kemudian cari toko yang Anda tuju. Klik foto profil toko tersebut, apabila sedang ada produk yang ditawarkan, maka akan muncul jendela khusus berisi katalog produk yang dijual.

Bila produk tersebut sesuai dengan yang kita inginkan, klik “Buy” dan klik “Buy Now”. Pilih varian dan jumlah produk yang akan dibeli. Isi alamat penerima dan data diri penerima barang. Setelah itu klik “Next”. Setlah itu, kita bisa memilih metode pembayaran dan klik “Continue”. Setelah itu klik “Place Order”. Selesaikan pembayaran dan pesanan Anda akan segera diproses penjual.

Setelah pemesanan selesai, ktia bisa melacak posisi perjalanan kurir dari pesanan kita melalui akun. Pertama, buka TikTok dan klik “akun saya”. Setelah itu, klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Kemudian klik opsi “orders” dan akan tampil pesanan yang sedang Anda beli.

Related Articles