NEWS

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Menjelang Iduladha

Demi hewan kurban yang sesuai syariat Islam.

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Menjelang IduladhaSejumlah sapi sehat siap jual di Sidoarjo, Jawa Timur (27/6). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
14 June 2024

Jakarta, FORTUNE – Menjelang  Iduladha, umat Muslim di seluruh dunia bersiap melakukan ibadah kurban. Lantas, bagaimanakah cara memilih Hewan Kurban yang tepat dan sesuai syariat? 

Memilih hewan kurban yang baik adalah langkah penting dalam memastikan pelaksanaan kurban sesuai dengan syariat Islam. Ibadah kurban sangat dianjurkan dilakukan karena bisa memberi dampak sosial yang besar bagi masyarkat, khususnya golongan masyarakat kurang mampu. 

Oleh sebab itu, terdapat beberapa tips yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih hewan kurban seperti dikutip dari laman Baznas, seperti berikut ini.

1. Jenis hewan ternak yang diperbolehkan

Sesuai syariat Islam, hewan yang dapat dikurbankan adalah unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau. Pastikan hewan yang dipilih termasuk dalam kategori hewan ternak yang diizinkan, sehingga sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Umur hewan kurban

Umur hewan kurban menentukan kelayakan untuk kurban. Kriteria umur yang disyaratkan berbeda untuk setiap jenis hewan.

Pada kambing dan domba misalnya, umur minimal yang disarankan adalah satu tahun, sementara untuk sapi dan kerbau, minimal dua tahun. Informasi mengenai usia hewan bisa Anda peroleh dari catatan kelahiran atau melalui metode pemeriksaan gigi.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.