NEWS

Prabowo Mulai Menimbang Calon Menkeu, Ini Spekulasinya

Nama Sri Mulyani tak ikut disebut.

Prabowo Mulai Menimbang Calon Menkeu, Ini SpekulasinyaCapres nomor 2 Prabowo Subianto saat Dialog Ekonomi Capres Bersama Kadin Indonesia yang disiarkan TV nasional, Jumat (12/1). (Dok. Kadin)
28 February 2024

Jakarta, FORTUNE - Prabowo Subianto, calon presiden yang unggul dari penghitungan suara sementara, disebut mulai menyusun kabinetnya. Di antara posisi yang jadi sorotan adalah Menteri Keuangan. Siapa saja kandidatnya?

Calon Presiden nomor urut dua itu kabarnya tengah menimbang-nimbang beberapa nama dalam opsinya, yakni: Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo; Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar; dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Royke Tumilaar.

Lebih lanjut, menurut laporan Bloomberg, Prabowo tak akan menyertakan posisi menteri keuangan dalam tawar-menawar politik. Sebab, jabatan tertinggi di Kementerian Keuangan itu membutuhkan keahlian pengelolaan anggaran sehingga sifatnya krusial.

"Mereka dipandang cocok untuk mengisi posisi menteri keuangan karena keahlian keuangan serta kepemimpinan yang efektif," demikian menurut narasumber yang meminta identitasnya dirahasiakan, dilansir pada Rabu (28/2).

Nantinya, salah satu dari nama-nama itu berpeluang menggantikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, perempuan pertama yang dipercaya mengemban posisi itu sejak kemerdekaan pada 1945.

Di hari saat nama-nama potensial menteri keuangan dalam Kabinet Prabowo-Gibran itu bocor, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,59 persen ke level 7.328,64.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.