NEWS

Apa Itu Arti Advertising, Cek Manfaatnya Bagi Bisnis dan Jenisnya

Advertising dibutuhkan dalam pengembangan sebuah bisnis.

Apa Itu Arti Advertising, Cek Manfaatnya Bagi Bisnis dan JenisnyaPapan iklan di persimpangan Shibuya, Tokyo, Jepang. Shutterstock/Club4traveler
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEAdvertising atau periklanan sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah usaha. Iklan dijadikan sebagai salah satu strategi menarik konsumen dalam berbisnis. Lantas, apa itu advertising dan bagaimana manfaatnya? 

Melansir The Balance SMB, advertising adalah sebuah upaya untuk menarik perhatian pelanggan atau klien, biasanya dalam rupa pesan yang persuasif berbentuk gambar, video, atau kata-kata yang menarik. Iklan perlu dibuat sekreatif mungkin supaya mendapat perhatian dan disukai publik.

Advertising bisa jadi sebuah media komunikasi efektif yang dibangun pemilik bisnis kepada konsumennya. Dalam hal ini, iklan memang bertujuan untuk menarik pelanggan baru dengan menetapkan target pasar serta menjangkau mereka dengan kampanye iklan yang efektif.

Pentingnya advertising

Ilustrasi belanja iklan.Ilustrasi belanja iklan. (Shutterstock/BestforBest)

Setelah memahami apa arti advertising, selanjutnya kita perlu tahu pentingnya advertising. Pertama, iklan dapat meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda.

Dengan begitu, saat konsumen melihat iklan bisnis yang ditampilkan di berbagai media–mulai cetak, elektronik, hingga digital–mereka jadi tahu soal bisnis Anda dan berpotensi jadi pelanggan baru bagi usaha Anda. Jadi, semakin kita aktif memasang iklan, maka semakin besar peluang pelanggan menjangkau produk atau layanan bisnis yang ditawarkan.

Kedua, iklan bisa jadi alat promosi agar produk dan layanan yang ditawarkan bisnis semakin banyak digunakan. Itu sebabnya, penting untuk mencantumkan keunggulan produk dan layanan bisnis kita, yang dilengkapi dengan ajakan untuk menggunakannya (Call To Action/CTA).

Ketiga, iklan dapat menjadi sarana perbandingan produk dengan kompetitor, khususnya bagi para konsumen. Biasanya, saat konsumen ingin membeli suatu produk, mereka bisa membandingkan produk-produk yang ada dengan melihat berbagai macam iklan. Setelah itu, dengan keunggulan yang cocok dengan harga dan kebutuhan konsumen, mereka akan langsung memilihnya.

Jenis-jenis advertising

Papan iklan di Piccadilly Circus, London, Inggris. Shutterstock/Cezary Stypulkowski

Related Topics